KONUS SPEAKER

by - Maret 04, 2009

KONUS SPEAKER

RINGAN DAN RIGID


Konus enteng dan rigid merupakan poin penting menilai kulaitas speaker. Enteng atau ringan ini berguna agar gerakannya dapat gesit. Sedangkan rigid kemapuan speaker tetap prima walau mendapat stress tinggi. “Strees tinggi dikarenakan volumenya juga tinggi,” kata Justinus, bos Tritala Audio. Ciri fisiknya kinerja konus di masing-masing permukaan enggak singkron sehingga timbul suara sember.
Material penyusun konus menjadi hal penting buat menciptakan warna suara. Di pasaran ada speaker berkonus magnesium, alumunium, polypropylene, keramik berrylium, dan kertas dicoating. “Paling banyak dipakai polypropylene. Ringan dan dapat menyesuaikan dengan kondisi mobil,” tukas pria yang berkantor di Cideng, Jakarta Pusat.
Khusus buat konus kertas memang banyak orang yang menyukai karakter suaranya. Utamnya buat penyuka home audio. Namun buat di mobil kalau hanya mengandalkan kertas saja ternyata dapat pengaruhi kualitas suara. “Kalau kertas temperaturnya dingin bisa lembab dan suarnya jadi kurang gesit. Makanya buat di mobil pabrikan audio melakukan coating pada kertasnya. Serhingga enggak mudah berubah ketika terjadi perubahan temperatur.
Catatan penting setelah semua ini diketahui, uji dengar mutlak dilakukan. “Jadi pengenalan melalui ciri-ciri fisik ini hanya sekitar 50 % saja. Karena di ruang mobil ada faktor akustik mobil dan juga temperatur yang berubah-ubah,” tukas pria berkaca mata.

You May Also Like

0 komentar