DUA DRIVER DI ATAS DASBOR

by - Januari 21, 2008

PENYANYI FULL BODY

Penempatan tweeter dan mid di atas dasbor akhir-akhir jadi fenomena menarik. Utamanya sejak banyaknya kontes audio di Tanah Air. Bahkan untuk pemakain harian pemilik mobil tak ragu lagi untuk menempatkan driver besar demi kepuasan mendapatkan suara yang diinginkan.
Menurut Asun, instalatur Duta Ban dengan trik ini staging di atas dabor akan mudah di dapat. “Kontes IASCA menuntut hal ini,” kata instalatur yang bermarkas di Auto Mall, Jakarta Selatan.
Sebenarnya bisa saja mid ditaruh pintu, namun dibutuhkan treatmen akustik untuk mendapatkan suara bagus. “Ketika mid masih di bawah pasti ada suara yang mantul ke dinding. Nah, frekuensi yang menggangu ini perlu dihilangkan,” kata Asun.
Dari segi karakter penempatan dua driver ini akan mudah menghasilkan dinamik kontras. “Entakan drum jelas mendekati suara live. Buat suara vokal lantang, pokoknya kita dapat melihat penyanyi full body,” tambah Asun yang juga spesialis home audio.
Lalu, Jhones Gozali, instalatur audio Jhon’s Car Audio berpendapat dengan dipasang berdekatan suara mid dan tweeter akan datang bersamaan . Dengan begini terjadi harmonisasi antara frekuensi rendah sampai tinggi. “Ide penempatan ini dari home audio,” kata Jhon yang punya markas di Gajah Mada, Semarang
Namun, Asun mengingatkan penempatan tweeter di atas dasbor bisa kontraproduktif. “Kalau bikin angle penempatannya salah suara jadi nggak enak.” Apalagi bila tak didukung dengan penampatan yang tak rigid. Rahmat
Foto-foto: Andi Okta

You May Also Like

0 komentar