INSTALL AUDIO UNTUK KONTES MODIFIKASI

by - Januari 21, 2008

BUKAN SEKADAR INDAH

Perhatikan juga kinerja peranti agar biar enak dinikmati

Kreativitas, inovasi, kerapian, dan harmonisasi kosmetik audio jadi point penting untuk meraup angka besar dalam kontes modifikasi. Walau begitu pemilihan peranti tepat akan sangat menolong ketika kontes berlangsung. Utamanya, berkaitan dengan fungsi masing-masing peranti. Intinya, ketika juri menilai kinerja peranti dalam kondisi prima. Rahmat
1. Kosmetik
Tentukan tema kosmetik audio. Lihat mobil-mobil kontes dunia dalam meracik audio sebagai bahan referensi. Usahakan buat sketsa, biar nggak nyesel setelah jadi. Pilih material kosmetik, vynil atau fiber. Kalau mau cepat pakai kayu Mdf plus vynil. Umumnya mobil demo ekstrem memakai bahan fiber. Lantaran bentuknya dapat dibuat fantastis.
Usahakan komposisi desain jangan sampai bertabrakan dengan mobilnya. Finishing sempurna akan mudah mendapat nilai tinggi. Agar makin sip, unsur kreativitas seperti adanya efek lampu, motorized, dan trik anyar lainnya akan lebih oke lagi. Dan tak kalah penting unsur rigiditas untuk menempatkan peranti mutlak dilakukan.
2. Head unit, VCD, dan DVD
Pilih pengontrol suara/visaual sesua dengan tema yang diambil. Akan lebih lengkap jika peranti stereo murni dan visual ini ada dalam satu mobil. Untuk head unit pilih peranti dengan fitur lengkap, semisal adanya x-over aktif, eqaualizer, atau time delay. Agar suara mudah diatur dan berkualitas. Baru kemudian perhatikan desain luarnya. Umumnya produk berkuaitas dari merek terkenal punya tampilan memukau.
Khusus buat VCD/DVD pilih yang punya resolusi gambar prima. Biasnya merek top telah merancang mekanik teve dengan beberapa variasi gerakan. Sehingga dapat dilihat dari beberapa sudut. Jika ingin lebih oke, tambahkan layar monitor.
3. Subwoofer dan Speaker
Peranti ini bukan main pentingnya untuk menghasilkan suara mantap. Khusus buat subwoofer pilih yang punya desain indah, tapi kualitasnya suara ciamik. Merek-merek beken menyediakan sub dengan desain cantik. Nantinya dapat berguna ketika konus sub dipasang terbalik.
Sedangkan speaker pilih sesuai kebutuhan, kalau kebanyakan dan penempatnnya salah malah bikin suara sember. Paling penting buat sub dan speaker pilih produk berkualitas agar dapat dipakai lama. Lebih penting lagi, perhatikan ketika dipasang, usahakan dudukannya dibuat rigid untuk mengaejar kualitas suara prima.
4.Power Amplifier
Pilih power ampli dengan daya sesuai kebutuhan. Jangan sampai mubazir, padahal budgetnya dapat dialihkan untuk mempercantik bagian lain. Memang sih untuk menghasilkan suara prima dibutuhkan watt besar, istilahnya speaker atau sub jadi enggak loyo.
Nah, setelah itu baru lihat tampilannnya. Umumnya power anyar dari merek terkenal punya desain eksotik. Hal ini jadi point tambahan ketika akan dikombinasikan dengan kosmetek plus peranti lainnya.
5. Aksesori
Equalizer, pre-amp, kabel, x-over aktif, kapasitor bank, dan fuse block bukan sekadar peranti biasa. Beberapa peranti ini bila dipadukan harmonis dan sesuai tema yang dipilih akan menimbulkan efek dramatis. Untuk memilihnya tergantung sistem yang akan dianut. Karena ada beberapa peranti yang terkadang sudah ada di head unit jadi tak diperlukan lagi seperti equalizer dan x-over aktif. Kalau hal ini lebih berkait pada kebutuhan instalatur ketika menyeting untuk menghasilkan suara bagus.

You May Also Like

0 komentar