UPGRADE AUDIO MPV

by - Oktober 11, 2010

By Rahmat Sadeli
SUB AKTIF SAMPAI ROMBAK TOTAL
Dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang dimiliki
Ditilik dari sistem audionya, MPV umumnya sudah dibekali perangkat standar buat diandalkan. Namun khusus yang ingin menambah kualitas suara dan fasilitasnya, mau enggak mau sistemnnya wajib di-upgrade. Biar lebih komplet, urutan upgrade audionya dilakukan dari level paling rendah sampai tinggi.
Pada level awal Anda bisa menambahkan subwoofer aktif. Umumnya head unit standar sudah ada RCA output buat subwoofer. Sub tipis ukuran 8 inci atau bass tube 8 inci bisa diaplikasi, kemungkinan memakan ruang bagasi amat kecil. Sub tipis semacam Symbion, Steelmate 8 inci, ADX 8 inci, Steelmate 8 inci, Performa 8 inci dapat diaplikasi. Harga subnya antara Rp 1,3 juta-Rp 2,4 juta.
Jika ingin mendapatkan semburan suara vokal dan instrumen musik lebih optimal, lakukan penggantian speaker standar. Ukuran speaker yang dianjurkan 6 inci sampai 6,5 inci. Khusus untuk Honda Freed usahakan pakai 6 cm karena ada mekanisme rel yang ganggu dudukan buat speaker. Produk berlabel Danish Acoustic 6 inci, DLS 6 inci, Domination D’Lite 6 inci atau Crescendo Opus 8.6 inci dapat dipakai. Harga untuk speaker Rp 1,3 juta-Rp 4 juta.
Fase berikutnya bisa ditempuh via penambahan power, dengan tetap mengandalkan subwoofer aktif. Power dua unit dapat ditaruh di bawah bangku tengah. Power yang bisa dipakai DLS 2x60 watt atau pakai LM 4x135 watt. Efek yang ditimbulkan suara lebih bertenaga. Biaya yang dibutuhkan untuk power LM 4 kanal Rp 1,65 juta dan DLS Rp 2 juta.
Tingkat berikutnya lakukan perombakan seluruh sistem Head unit bisa memakai, 1DIN Rp 1,5 juta-Rp 4 juta. Sedangkan 2 DIN bisa diarahkan ke produk yang telah memiliki layar monitor. Fiturnya DVD/MP3 iPod, USB. Ada merek Mtech, AVT, Sony, Alpine, Clarion Pioenee dengan harga Rp 3,5 juta sampai Rp 13 juta. Sedangkan sub yang dipakai biasanya single coil ukuran 10 inci, sperti merek Venom, Lightning Audio atau Kicker. Magnetnya diusahakan tak terlalu besar agar volume boks tak besar agar tak menggusur jok paling belakang. Harga sub berkisar Rp 1 juta sampai Rp 3 juta.
Boks 1:
Pasang Game
WAJIB ADA INVERTER
Selain perangkat suara yang ciamik, umumnya mobil MPV melengkapi sistemnya dengan penambahan perangkat multimedia, seperti aplikasi game. Untuk menuju ke sana, Anda mesti memasang head unit dengan fasilitas DVD player. Kisaran harga head unitnya mulai dari Rp 1 juta sampai Rp 13 juta. Lalu, poin berikutnya untuk aplikasi game, Anda bisa pasang TV di head rest sebanyak 2 buah. Harga TV head rest berkisar Rp 2 juta sampai Rp 3,5 juta.
Setelah sudah ada TV untuk menfungsikan perangkat game yang umumnya menggunakan arus AC, kamu wajib memakai inverter untuk mengubah tegangan listrik dari 12 volt jadi 220 volt. Harga inverter berkisar antara Rp 500 ribu sampai Rp 1 juta bergantung daya yang dimiliki. Dengan adanya koneksi dari inverter kamu bisa lakukan perburuan perangkat game, untuk PlayStation 3 kamu bisa sediakan dana mulai dari Rp 3,5 juta sampai Rp 4,5 juta. Sedangkan bagi yang mau pakai konsol game Xbox 360 sediakan dana Rp 4,1 juta sampai Rp 4,9 juta.

You May Also Like

1 komentar