Senin, 11 Oktober 2010

UPGRADE AUDIO HONDA FREED FOR DAILY USE

ENTRI LEVEL SAMPAI KOSMETIK SIMPEL
Lengkap dari mulai tambah sub sampai ganti seluruh komponen
Sistem audio standar Freed untuk aplikasi harian sudah bisa diandalkan buat didengar. Namun buat kamu yang doyan dengar audio bagus, sistemnya wajib ditingkatkan. “Kurangnya pada nada rendah, karena tanpa sub,” ungkap Hong Yono, instalatur Prisma Autosound, Arteri Pondok Indah, Jakarta Selatan.
Sebelum melangkah pada proses ubahan, instalatur wajib melakukan observasi, mulai dari meneliti kualitas head unit, speaker sampai ruang akustiknya. “Karena ini untuk daily use, ubahan yang dilakukan, mulai dari entry level sampai aplikasi kosmetik simpel,” ucap instalatur yang tinggal di Jelambar, Jakarta Barat.
Khusus untuk Freed dengan pintu sliding manual, head unit standarnya memakai produk JVC KW-XG70HM memiliki daya 4x50 watt. Filter suaranya 24 bit, WMA/MP3/CD, fiturnya fader dan balance. Sedangkan head unit tipe power sliding door dibekali produk Kenwood 2 DIN MP3/WMA/AAC/USB/iPod dengan time correction, x-over aktif, dan equalizer.
******
Speaker standar baik tipe sliding manual atau power sliding door spesifikasinya seperti di Honda new Jazz. Untuk ukuran standar sudah oke, karena full range coaxial. Magnetnya kecil, suara bawahnya tak bisa dapat optimal. Jumlahnya 2 set untuk depan dan belakang, frame atau tulangnya dari plastik.
Dari segi kabin untuk taruh kompoen audio mesti diteliti dari depan sampai belakang. “Ruang kabin cukup lebar,” ungkap Hong Yono. Sedangkan dari segi dasbor terbilang antara kiri dan kanan rata, untuk dapat staging di depan lebih mudah. Dasbornya juga dalam, sehingga untuk menempatkan lontar speaker tak terlalu menghalangi pandangan.
Berikutnya bagasi, menurut Hong kedalamnnya mirip Avanza. “Ke sampingnya lebih lebar Avanza.”. Pemilihan sub paling ideal untuk harian adalah ukuran 10 inci. Jumlahnya bisa 2 unit, magnertnya kecil. Enggak dianjurkan terlalu panjang magnetnya, karena bisa makan tempat. Jika pengin lebih jelas, di bawah ini dijabarkan tahap demi tatahap ubahan dari mulai stage 1, entry level sampai stage 4 atau mengganti seluruh komponen dengan penambahan kosmetik ringan. Rahmat/Rahmat/Prima

Boks 1:
Stage 1
PENAMBAHAN SUB AKTIF
Stage 1 bisa dilakukan dengan penambahan sub aktif. Karena head unit standar sudah ada RCA output buat sub. Sub tipis ukuran 8 inci atau bass tube 8 inci bisa dipakai,targetnya tak makan bagasi. Sub tipis semacam Mu Dimension dengan x-over aktif, ADX 8 inci, Steelmate 8 inci, Performa 8 inci dapat diaplikasi. Harga subnya antara Rp 1,3 juta-Rp 2,4 juta.

Boks 2:
Stage 2
ADA HAMBATAN REL POWER WINDOW
Jika pengin meningkat lagi ganti speaker standar. Speaker yang diajurkan mestilah tak memiliki magnet yang besar dan frame tak terlalu besar. Hal ini lantaran di belakang lubangnya ada rel power window. Ukuran speaker yang dianjurkan 6 inci, merek Danish Acoustic 6 inci, DLS 6 inci, Domination D’Lite 6 inci atau Mu Dimension 6 inci. Harga untuk speaker Rp 1,3 juta-Rp 4 juta. Biaya instalasinya Rp 250 ribu.

Boks 3:
Stage 3
LEBIH BERTENAGA
Tahap berikutnya penambahan power dengan tetap mengandalkan subwoofer aktif. Power dua unit dapat ditaruh di bawah bangku tengah. Power yang bisa dipakai DLS 2x60 watt atau pakai LM 4x135 watt. Efek yang ditimbulkan suara lebih bertenaga. Biaya yang dibutuhkan untuk power LM 4 kanal Rp 1,65 juta dan DLS Rp 2 juta. Biaya instalasi sekitar Rp 500 ribu.
Boks 4:
Stage 4
SELURUH KOMPONEN DIGANTI
Stage 4 berarti melakukan penggantian head unit dan penambahan sub dengan sub aktif tak dipakai lagi. Speaker juga diganti, bisa memakai speaker stage 2. Head unit bisa memakai, 1DIN Rp 1,5 juta-Rp 4 juta. Sedangkan 2 DIN bisa diarahkan ke produk yang telah memiliki layar monitor. Fiturnya DVD/MP3 iPod, USB. Ada merek Mtech, AVT, Sony, Alpine, Clarion Pioeneer. Harga Rp 3,5 juta-Rp 13 juta Seluruh sistem dirombak!
Sub yang dipakai biasanya single coil ukuran 10 inci, sperti merek Mu Dimension, Lightning Audio atau Kicker. Magnetnya diusahakan tak terlalu besar agar volume boks tak besar agar tak menggusur jok paling belakang. Bisa saja pakai 1 sub 12 inci, namun desain boks mesti dibuat ke atas, ukuran boks 1,25 kubik kaki. Harga 2 sub 10 inci Rp 2 juta-Rp 6 juta. Instalasinya Rp 1,75 juta sampai Rp 4 juta (kategori kosmetik simpel dengan akrilik)

Tidak ada komentar: