HEAD UNIT COPOTAN OEM

by - Januari 24, 2011

Pernah dimuat di majalah CAR & TUNING GUIDE
IN CAR-TAINMENT –

By Rahmat Sadeli/Photos by Artha/Design by Pr!ma

ADOPSI FITUR TERKINI
Bisa putar CD, iPod bahkan head unit OEM Freed dibekali time delay
Head unit standar OEM secara umum, fiturnya sudah cukup bagus. Hampir semuanya sudah dibekali CD player, bahkan bisa koneksi iPod. Namun bagi yang tak puas dengan head unit OEM, langkah penggantian head unit kerap terjadi. Dan buat Anda pemilik mobil yang masih pakai head unit dengan kualitas minim, head unit copotan OEM berkualitas ini merupakan peluang untuk upgrade sistem audio agar lebih bagus.
Suryadi, instalatur audio Dynamics Auto Sound, Pasar Mobil Kemayoran, Jakarta Pusat berpendapat, ada dua head unit OEM yang diburu banyak orang. “Head unit new Jazz dan Freed,” ungkap Suryadi. Mengapa dua head unit ini dicari orang? Alasan pertama kedua head unit ini mengusung label Kenwood, tipe DDX-5110U untuk new Jazz dan DDX-6110U untuk Freed.
******
Khusus new Jazz fiturnya ada USB, iPod dan MP3. “Untuk Freed selain bisa USB, iPod dan MP3, ada time aligment-nya,” bilang Suryadi. Dengan hal fitur time aligment atau time delay, kecepatan datangnya suara dapat diatur sesuai kemauan. Sedangkan dari sisi tampilan head unit tipe 2 DIN-nya punya desain bagus dengan tombol-tombol terlihat hitech. Harga head unit copotan untuk new Jazz berkisar Rp 1,8 juta dan Freed Rp 2 juta.
Selain dua mobil di atas, head unit standar Innova juga banyak dicari orang. Kimbun menuturkan, head unit Innova memiliki fitur CD, MP3 dan radio. “Model 2 DIN ukuran 200 mm (dapat dipasang pada banyak mobil, Red. ), harganya Rp 1,25 juta,” ungkap Kimbun. Head unit lain yang kerap dicari orang menurut Suryadi ada di Rush tipe lama. “Disukai karena bisa putar CD dan juga kaset,” ungkap pria berkaca mata ini. Ada juga head unit 2 DIN standar CR-V yang memiliki fitur DVD, monitor TV, USB dan iPod. “Harga antara Rp 3,5 juta sampai Rp 4 juta,” ungkap Suryadi. Sedangkan head unit standar Honda merek JVC dengan fitur MP3, USB dan iPod dijual Rp 1,25 juta.
Boks 1:
Cara Pilih
TELITI SEBELUM BELI
Karena yang dibeli head unit copotan OEM dan ini masuk kategori bekas, bukan tidak mungkin produk yang Anda beli kurang bagus kualitasnya. Untuk itu dibutuhkan beberapa langkah agar produk yang dibeli memuaskan.
• Khusus untuk CD atau kaset lakukan tes bunyi.
• Periksa juga radionya.
• Tes aplikasi tombol-tombolnya.
• Lakukan pemeriksaan diplay untuk melihat kondisinya, berfungsi atau tidak.
Keterangan Foto:
1. Foto head unit Freed Head unit Freed dengan fitur time delay, membuat staging suara di mobil jadi lebih jelas.
2. Foto head unit CR-V Head unit CR-V sudah dibekali DVD dan monitor TV, layak diburu.

BUZZ
HOME AUDIO VS CAR AUDIO
Jika di home audio angle speaker tak jadi kendala, di mobil jarak dengar antara speaker kiri dan kanan beda. Aplikasi head unit dengan time delay akan mudah mendapatkan jarak dengar bersamaan. Buat orang yang terbiasa pakai head unit tanpa prossesor, bisa dilakukan dengan meracik x-over pasif custom. Kalau bikin cutting x-over pasifnya benar suara bisa bagus walau tanpa pakai time delay.

You May Also Like

2 komentar