HIBURAN KOMPLET

by - Desember 07, 2012

SISTEM AUDIO UNTUK MOBIL KELUARGA

 By Rahmat Sadeli (Tulisan ini pernah dimuat di majalah CAR & TUNING GUIDE)  


HIBURAN KOMPLET  


Mulai dari upgrade speaker, pasang TV, internet sampai berkaraoke di mobil

 

 


            Kebutuhan akan perangkat hiburan yang lengkap merupakan hal penting untuk sebuah mobil keluarga. Melihat akan minat terhadap perangkat multimedia, beragam produk baru dilahirkan untuk dilepas ke pasaran. Selain sebagai sarana untuk hiburan, perangkat multimedia kini sudah dapat terkoneksi dengan internet. Semua ingin membuat hiburan di mobil menjadi komplet. Berdasarkan hal itu kami turunkan tulisan tips membangun sistem hiburan di family car.  

Upgarde Sistem Suara  
PILIH 2-WAY ATAU 3-WAY

 Buat mobil keluarga yang ingin kualitas suara audionya meningkat dapat melakukan upgrade mulai dari head unit, power amplifier, speaker sampai subwoofer. Karena MPV umumnya fokus untuk penumpang tengah, maka untuk penempatan speakernya dapat memakai sistem 2-way split. “Untuk tweeter taruh di doortrim atau di pilar B. Dengan dudukan dari fiberglass,” ungkap Suryadi. Sedangkan khusus penempatan power dan subwoofer dapat disesuaikan dengan kemauan pemilik. Sedangkan dari sisi dasbor bisa jadi patokan menentukan jenis speaker yang dipakai. Khusus MPV seperti Alphard atau Mazda Biante lantaran ruang dasbornya cukup memadai, maka untuk melahirkan suara berkualitas sangat memungkinkan. “Dasbornya luas dan dalam. Untuk bangun sistem speaker 3-way dengan menaruh tweeter dan midrange sangat memungkinkan,” bilang Suryadi, instalatur Dynamics Autosund, Pasar Mobil Kemayoran, Jakarta Pusat.  

Roof TV
SATU LAYAR UNTUK SEMUA 

        Khusus untuk yang mau pasang TV untuk penumpang belakang, aplikasi roof TV dapat dilakukan. Kelebihannya, pasang satu TV ini dapat disaksikan penumpang belaang secara bersama. Untuk mobil seperti Innova yang belum memasang TV, Rodek melansir monitor TV berukuran 9 inci ddengan harga Rp 2 juta Berikutnya ada roof TV Enigma dengan layar 10 inci, player DVD/VCD/MP, harga Rp 2,8 juta. Khusus yang mau nikmati kualitas dengan mutu prima roof TV Alpine TMX-R-1100 dengan harga Rp 7,8 juta dapat dipakai.  

Head Rest TV  
DILENGKAPI DVD PLAYER 
           Bagi Anda yang mau pasang head rest TV sekarang dapat dilakukan dengan mudah lantaran banyak produk di pasaran. Head rest TV Rodek memiliki layar 7 inci, ,player DVD/VCD, memory card, USB dan game dipatok dengan harga Rp 3,5 juta (sepasang). Lalu, ada head rest TV Enigma layar 9 inci, dapat membaca MP3/SD Card/USB, harga Rp 2,8 juta plus bracket.  

TV Konsol  
BRACKET UNIVERSAL
  Khusus mobil MPV seperti Evalia tipe SV atau mobil lainnya yang punya kursi headrest menyatu dengan jok, dapat mengadopsi perangkat TV konsol yang diletakkan di konsol dengan bracket atau TV portabel. Di pasaran ada TV konsol dengan bracket merek XM yang dijual Rp 3,5 juta ukuran 7 inci dan Rp 4 juta untuk ukuran monitor 8 inci.


TV Berlangganan  
TAYANGAN JERNIH 
          Mau nonton tayangan TV dari mancanegara dan lokal dengan gambar jernih di mobil? Kalau itu maunya, Anda dapat memasang layanan TV berlangganan. Di Indonesia sendiri layanan TV mobil berlangganan sudah dimulai sejak beberapa tahun lalu yang dimotori oleh M2V. Dan baru-baru ini selain M2V ada lagi layanan TV berlangganan dengan nama Nexmedia. M2V Mobile TV merupakan TV berlangganan yang memiliki dari 20 saluran TV baik lokal maupun internasional.
           Cucu, pemilik gerai audio Kiki Rotary menuturkan untuk memasang M2V calon pelanggan mesti membayar boks M-B ox2 sebesar Rp 2,5 juta. “Pemasangan sekitar 1 jam,” ungkap Cucu yang sehari-hari berdagang di Pusat Niaga Duta Mas Fatmawati, Jakarta Selatan. Paket ini terdiri dari 17 saluran TV baik lokal maupun mancanegara.
            Paket Tambahannya beragam mulai dari Pekat Movie Rp 49.500, Paket Sport Rp 44 ribu, Paket Adventure Rp 33 ribu, paket Fashion Rp 11 ribu dan paket Premium Rp 111 ribu. Nexmedia merupakan TV berlangganan yang dapat diaplikasi di rumah dan juga di mobil. Mudah dipasang, cukup pakai antena TV biasa. Nexmedia menyajikan tayangan pilihan terbaik dan hiburan, edukasi hingga informasi. Lusi dari Cartens Autosound, Pusat Niaga Duta Mas Fatmawati, Jakarta Selatan mengatakan untuk paket pemasangan di mobil butuh biaya sekitar Rp 800 ribu sampai Rp 900 ribu. “Karena kita pakai kabel RCA, antenna dan instalasinya,” ungkap Lusi. Untuk pemasangan sekitar 1 jam dan 6 sampai 8 jam untuk mobil built up. “Mobil built up perkabelannya lebih rumit,” kata Lusi. Paket Standar atau paket Sonic dengan biaya Rp 99 ribu.  

Aplikasi TV Besar & Game
BUTUH INVERTER 
        Bagi pemilik MPV gambot yang tak puas dengan TV kecil dapat memasukkan TV berukuran di atas 14 inci di mobilnya. Di pasaran tersedia dua jenis TV, plasma dan LCD TFT. TV Plasma bekerja mengandalkan pancaran elektron bermedia gas inert dan bereaksi dengan subpixel yang berlabur zat fosfor. Ukurannya bisa sampai berukuran 63 inci. Sedangkan jenis TFT (thin film transistor), yang cuma mengandalkan dispersi cahaya lewat pendaran diode cair dan ukurannya mencapai 40 inci.Setelah TV besar, Anda dapat memasang beragam game terkini seperti game Wii, PS3 atau Xbox 360. Untuk memasangnya baik TV maupun pasang game di mobil butuh inverter. Fungsi inverter mengubah tegangan DC jadi AC. Untuk mendapatkan inverter bisa ditempuh dua cara, membeli perangkat jadi atau merakitnya sendiri.  

Pilih Head Unit 2DIN Pintar  
MIRROR LINK DAN MIXTRAX 
          Head unit saat 2DIN dengan layar monitor sekarang semakin canggih. Brand sohor seperti Alpine, Sony dan Pioneer lansir head unit pintar. Alpine produsen audio dunia melansir teknologi terbaru untuk head unitnya dengan julukan MirrorLink™. Dengan teknologi ini head unit mampu terkoneksi dengan smartphone keluaran Nokia. Cara kerjanya yaitu memakai program Virtual Network Computing (VNC). Dengan VNC ini, tampilan smartphone yang terkoneksi dengan head unit, akan hadir di layar head unit.
             Produk yang memakai teknologi MirrorLink™ adalah head unit Alpine ICS-X8. Begitu smartphone terkoneksi dengan head unit, otomatis menu yang ada di handphone Nokia bisa diambil alih oleh head unit. Sebagai informasi, teknologi ini juga dipakai pada head unit Sony Sony XAV-701BT yang dapat terkoneksi dengan smartphone berbasis sistem operasi Android dan Symbian.
              Sedangkan Pioneer berinovasi dengan teknologi Mixtrax yang telah dibenamkan pada head unit Pioneer AVH-8450 BT. Sebuah teknologi eksklusif yang menciptakan campuran nonstop musik. Anda akan dibuat layaknya seorang Disc Jockey (DJ). Suasana klub dapat hadir meski Anda berada di dalam kabin mobil. Mixtrax dirancang untuk para pecinta musik. Mixtrax dapat mengambil musik dari perangkat iPhone/iPod maupun USB/SD card dan memutarnya kembali dengan transisi yang ditambahkan efek bagai seorang DJ virtual. Head unit ini juga dapat terkoneksi dengan internet.  

Paket Karaoke Joyful  
NYANYI SAMBIL JALAN 
          Jika kamu hobi karaoke dan ingin aplikasi di mobil? Maka paket produk keluaran Joyful dapat dipakai. Paket seharga Rp 5,98 juta ini terdiri dari head rest M-Tech 7 inci, mini karaoke Joyful F-1, songlist book, remote dan mic. Dengan aplikasi ini kamu dapat berkaraoke di mobil. Untuk sistem suaranya terkoneksi dengan perangkat audio mobil yang sudah terpasang. Untuk pilihan lagunya sudah satu paket dengan pembelian produknya. Jika mau tambah lagu dapat memakai konektor USB yang ada di player karaoke F-1. Untuk lebih jelasnya kontak www.karaokeshop.co.id.  

Apliaksi Car Theatre
MAKSIMALKAN KABIN 
      Sebelum memasang perangkat audio di mobil keluarga untuk sistem car theatre, ada baiknya melakukan treatment terlebih dahulu pada kabin mobil. Treatment diperlukan karena tidak semua mobil punya persyaratan yang dibutuhkan untuk membangun car theatre. Berikut penuturannya :
1. Atur jarak pandang antara layar monitor dengan posisi duduk. Baiknya tidak terlalu dekat agar mata tidak lelah.
2. Harmoniskan ukuran layar monitor dengan luas kabin. Monitor besar dengan kabin sempit hanya akan membuat mata lelah.
3. Usahakan bangun suasana nyaman dalam mobil, agar serasa home theatre.
4. Pasang peredam perlu untuk mengeliminir suara dari road noise dan sebagainya. Peredam dipasang di area yang akan direduksi tingkat kebisingannya.
5. Untuk car theatre sebaiknya minimal pakai power amplifier 6 channel. Jadi 4 channel bisa dibagi untuk masing-masing speaker, dan dua channel khusus untuk subwoofer.
 6. Jika ingin suara lebih bertenaga, sebaiknya amplifier speaker dan subwoofer dibuat terpisah. Khusus subwoofer, direkomendasikan memakai power amplifier berjenis monoblock karena dayanya lebih besar.

You May Also Like

3 komentar